3 Manfaat Berenang, Olahraga Favorit Mendiang BJ Habibie

99
BJ Habibie

Jakarta, Muslim Obsession – Tahukah Anda? Semasa hidup, BJ Habibie sangat gemar berenang. Bahkan ia hingga melakukan olahraga tersebut hampir setiap hari. Tentu saja ia banyak memetik manfaat olahraga ini bagi kesehatan hingga menjelang akhir hayatnya.

Melihat kebiasaan tersebut, Anda mungkin penasaran mengenai manfaat berenang bagi kesehatan hingga sosok Habibie sangat menggemarinya. Satu hal yang jelas, berenang termasuk olahraga “semi liburan”, karena kegiatannya sangat berbeda dengan aktivitas fisik yang biasa dilakukan di darat.

Jadi, jika ingin mencari ketenangan sekaligus kesehatan di tengah kesibukan, olahraga berenang dapat menjadi opsi yang tepat. Sebab, berenang dapat memberikan efek relaksasi sekaligus membakar kalori dan melatih semua otot yang ada di tubuh.

Selain itu, ada pula tiga manfaat berenang yang menjadi kunci mengapa sebagian orang menyukai jenis olahraga yang satu ini.

1. Risiko cedera lebih kecil

Dari sekian banyak olahraga intensitas ringan, berenang dianggap sebagai salah satu yang memiliki risiko cedera paling kecil. Itu karena ada bantuan dari daya apung air, sehingga bisa mengurangi beban tubuh.

Selama berenang, persendian Anda akan terlindungi dari tekanan dan benturan keras. Andai kata cedera ringan, mungkin hanya kram yang akan dirasakan akibat kurang pemanasan.

Faktanya, semua bagian tubuh saat berenang menjadi aktif. Tidak ada bagian tubuh tertentu yang menopang terlalu keras dan memicu cedera. Hal itu berbeda dengan berlari, bukan? Jadi, bila Anda orang yang malas jogging, lebih baik pilih olahraga berenang saja.

2. Menguatkan otot di seluruh tubuh

Seluruh bagian tubuh bergerak ketika Anda berenang. Jadi, apabila Anda termasuk orang yang tidak ingin mengencangkan otot dengan cara angkat beban, wujudkan saja otot kencang dengan berenang secara rutin dan teratur.

Tangan dan kaki akan berusaha melawan arus air, sedangkan pinggul, punggung, dan perut bertugas untuk menstabikan kepala, badan maupun tulang belakang. Bahkan, ketika Anda berenang dengan gaya dada, leher dan kepala juga ikut bergerak. Alhasil, semua bagian tubuh akan mendapatkan manfaatnya.

3. Bisa dilakukan siapa saja
Sebagian besar olahraga, khususnya yang memiliki nilai keseruan, mesti dilakukan oleh orang yang memiliki kesehatan prima. Namun, hal itu tak berlaku untuk olahraga berenang.

Berenang sangat “ramah” bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu dan cocok juga dilakukan oleh anak dengan spektrum autisme. Ahli Fisiologi Olahraga dari University of New Mexico, Robert A. Robergs mengatakan bahwa manfaat berenang dapat dirasakan oleh penderita rematik, gangguan muskuloskeletal (gangguan sendi, ligamen, otot, saraf, tendon, dan tulang belakang), hingga orang obesitas.

Kabar baiknya lagi, menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter mengungkap bahwa berenang dapat membantu mengurangi gejala cemas pada penderita fibromyalgia.

“Berenang juga bisa meningkatkan kapasitas dan volume paru-paru, sehingga sangat bermanfaat apabila dilakukan oleh penderita asma,” dr. Dyah.

Tertarik untuk berenang saat rutin seperti BJ Habibie semasa hidupnya? Jangan takut untuk memulai dan mempelajari cara terbaik melakukan olahraga air yang satu ini, agar Anda bisa sepenuhnya mendapatkan manfaat sehat yang ditawarkan.

Jangan lupa lakukan pemanasan sebelum menceburkan diri agar tidak kram, serta hindari makan “berat” sebelum dan saat melakukan olahraga tersebut demi mencegah muntah atau tersedak.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here