3 Buah Ini ‘Haram’ Dikonsumsi Penderita Diabetes

404

Jakarta, Muslim Obsession – Ada tiga jenis buah-buahan yang ‘haram’ dikonsumsi penderita diabetes. Ya, hanya bagi penderita diabetes saja. Selebihnya semua orang bisa mengonsumsi buah-buahan tersebut.

Penderita diabetes memang perlu memperhatikan asupaan makanan, terlebih pada tiga jenis buah ini. Karena pada tiga buah tersebut terdapat kandungan gula yang tinggi.

Jika penderita diabetes masih tetap mengonsumsi tiga buah ini secara berlebihan, berdasarkan hasil penelitian, bisa mempercepat kenaikan gula darah. Tiga buah yang terlarang bagi penderita diabetes tersebut adalah:

1. Buah Pepaya

Dokter kesehatan menyarankan kepada penyandang diabetes untuk tidak memakan buah pepaya ini secara berlebihan. Karena dalam satu porsi pepaya mengandung indeks glikemik yang tinggi, yakni 60.

Jika pun penderita diabetes tetap ingin mengonsumsi buah, lebih baik diganti dengan buah yang rendah indeks glikemiknya, seperti lemon, kiwi atau apel hijau. Meski demikian, porsinya tetap harus diperhatikan agar tidak terlalu berlebihan.

2. Buah Mangga

Selain buah papaya, buah mangga juga ternyata memiliki kandungan indeks glikemik yang tinggi, sehingga bagi penderita diabetes perlu mewaspadai buah satu ini.

Tercatat dalam setiap buah Mangga yang dikonsumsi, setidaknya mengandung 30 gram karbohidrat, dan 25 gram gula.  Dan itu berpotensi  bisa mempengaruhi kadar gula darah.

3. Buah Nanas

Buah Nanas juga perlu dibatasi oleh penderita diabetes. Buah Nanas yang kadang terasa terasa sedikit asam, ternyata dalam satu buah nanas memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi, yakni 68. Indeks glikemik buah nanas bahkan lebih tinggi dari mangga.

Nah, selain tiga buah tadi yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes, selanjutnya adalah makanan sehari-harinya.

Dikutip dari Alodokter, penderita diabetes harus menghindari nasi putih dan untuk menggantinya bisa dengan beras merah atau brown rice.

Memilih asupan makanan merupakan bagi penderita diabetes adalah hal yang penting. Sebab, ada kelompok makanan tertentu yang sebaiknya dikonsumsi, namun ada juga kelompok makanan lain yang sebaiknya dihindari. Tujuannya adalah agar penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang terkontrol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here