3 Amalan dari Buya Yahya Agar Meninggal Husnul Khatimah

154
Buya Yahya.

Jakarta, Muslim Obsession – Meninggal dunia dalam kondisi husnul khotimah adalah dambaan setiap umat muslim. Karena meninggal dalam keadaan husnul khotimah menandakan dia meninggal dalam keadaan baik.

Berbeda dengan khusnul khotimah, seorang muslim meninggal dalam keadaan tidak baik, atau penuh dosa. Orang meninggal husnul khotimah tentu saja karena amalan baiknya selama hidup.

Amalan itu baik kepada Allah SWT maupun terhadap sesama manusia ketika masih hidup di dunia.

Apa saja amalan agar seorang muslim meninggal dalam kondisi husnul khotimah?

Ustadz Buya Yahya dalam tausiyahnya menyebut, jika seseorang ingin meninggal dunia secara husnul khotimah, di antaranya mendekatkan diri kepada Allah SWT selama hidup di dunia, berlaku baik, dan tidak sombong.

1. Mendekatkan diri kepada Allah

Buya Yahya menegaskan tidak ada seorang pun tahu kapan dan bagaimana ajal menjemput dirinya maupun orang lain.

Maka dari itu katanya, kata Buya Yahya, umat muslim harus berprilaku baik dengan menjalankan perintahnya serta selalu mendekatkan diri pada sang pencipta.

Menurut Buya Yahya, sang pencipta akan memberikan petunjuk kepada siapapun yang dikehendakinya jika ajalnya telah tiba.

Allah juga bisa dengan mudah membalikkan hati seorang hamba jika sudah dikehendaki-Nya. Maka dari itu katanya agar selalu menjaga sikap dan prilaku dalam segala hal.

Ia juga menyarankan agar selalu berdoa dan berharap meminta pertolongan sang pencipta. Amalan mendekatkan diri dengan Allah SWT bermacam-macam, di antaranya mengerjakan sholat lima waktu, zikir, berdoa, rajin sedekah dan lain sebagainya.

2. Berlaku baik

Buya Yahya mengatakan, sesorang akan meninggal berdasarkan kebiasaannya waktu hidup.

Kalau kebiasaanya waktu hidup penuh dengan kemaksiatan, maka ia akan menemukan ajalnya dengan kemaksiatan.

Begitu pula jika orang membiasakan hidupnya dengan kebaikan maka ia akan meninggal dengan kebaikan.

“Tapi sebetulnya apapun itu kita tidak tahu bagaimana ajal kita, akhir hidup kita, maka dari itu sibuklah untuk berbuat baik,” kata Buya Yahya dalam chanel youtube Al Bahjah Tv

3. Tidak sombong

Hal lain yang harus dilakukan kaya Buya Yahya adalah tidak sombong.

“Kalau anda sudah meyakini bahwa bagaimana ajal menjemput nantinya, maka dia akan selalu berhati-hati. Dia tidak akan mudah menyombongkan dirinya sendiri,” kata Buya.

“Keyakinanmu saat ini, imanmu saat ini tidak akan mustahil bisa berubah suatu ketika nanti, maka jangan sombong,”

“kamu mengaku beriman saat ini, kuat keimananmu bukan hanya sekedar beriman dengan mulut tapi juga di hati, amalnya juga itu bukan berati tidak akan berubah karena sang penciptalah yang merubah hati hamba,” kata Buya Yahya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here