26 Tahun Ditutup, Masjid di Bosnia Dibuka Kembali

737
Masjid Bajramovic, Bosnia (Foto: AA)

Sarajevo, Muslim Obsession – Sebuah masjid berusia 80 tahun di Bosnia dan Herzegovina dibuka untuk ibadah sejak Senin (23/7/2018) waktu setempat, setelah ditutup 26 tahun lamanya.

Ialah Masjid Bajramovic, yang berada di desa Orahovica selatan kota Bileca. Masjid tersebut direbut dua kali selama Perang Dunia II dan Perang Bosnia.

Kebahagiaan akhirnya tumpah ruah saat upacara pembukaan. Turut hadir Ramiz Salkic, wakil presiden dari Republik Srpska National Assembly. Dalam pidatonya, Salkic meminta orang-orang Bosnia untuk tetap bersatu.

Dia mengatakan bahwa pesan perdamaian telah dikirim dengan pembukaan masjid. Salkic juga meminta semua warga Bosnia Herzegovina untuk hidup bersama.

“Panggilan untuk berdoa setelah 26 tahun di masjid ini, adalah jaminan bahwa kita akan terus berdoa di sini sampai hari penghakiman,” katanya, dikutip dari Anadolu.

Masjid Bajramovic dibangun pada tahun 1934. Masjid tersebut mengalami kerusakan selama Perang Dunia II. Selama awal 1960-an, masjid sempat dipulihkan dan dibuka untuk ibadah. Namun, sekali lagi masjid tersebut dirusak oleh pasukan Serbia pada tahun 1992. Dampaknya, masjid ditutup untuk beribadah selama kurang lebih 26 tahun. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here