200 Lebih Koin Emas Era Mughal Ditemukan di Pune

133

Pune, Muslim Obsession – Lebih dari 200 koin emas era Mughal, yang berasal dari awal abad ke-18, telah disita dari kepemilikan keluarga pekerja konstruksi di Pimpri Chinchwad, Pune, demikian dikatakan polisi pada Selasa (9/3/2021).

“Beberapa anggota keluarga telah menemukan koin tersebut saat bekerja di lokasi konstruksi,” kata Komisaris Polisi Pimpri Chinchwad Krishna Prakash, dilansir Siasat.

Inspektur Shailesh Gaikwad dari Cabang Kejahatan dan timnya telah menerima informasi bahwa Saddam Salar Pathan memiliki beberapa koin emas.

“Dalam penggeledahan rumahnya, ditemukan 216 koin emas dan satu vas tembaga seberat sekitar 2,357 kg,” beber inspektur Gaikwad.

Baca Juga: Masjid Era Mughal di Pakistan Tampak Menyedihkan

“Sesuai penilaian awal oleh Departemen Arkeologi, ini adalah ‘Mohurs’ (koin) era Mughal, yang berasal antara 1720 dan 1748 dan dikeluarkan oleh Kaisar Muhammad Shah Rangila,” tambahnya.

Shah memerintah dari 1719 hingga 1748

Ayah mertua dan saudara ipar Saddam yang tinggal bersamanya sedang menggali di sebuah lokasi konstruksi di Chikhali ketika mereka menemukan beberapa koin.

“Mereka memberi tahu Saddam dan kembali ke situs itu lalu menemukan vas tembaga pecah berisi lebih banyak koin,” ujar Gaikwad.

Saddam menyimpan koin itu di rumah. Sesuai undang-undang, penemuan semacam itu harus dilaporkan ke polisi dan otoritas arkeologi.

“Sebuah kasus akan didaftarkan terhadap mereka di bawah Undang-Undang Harta Karun India setelah pejabat Departemen Arkeologi mengajukan pengaduan,” pungkas petugas polisi.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here