2 Skenario Pemerintah Jika Larangan Mudik Diberlakukan

161
Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

Jakarta, Muslim Obsession – Untuk mencegah penyebaran virus Corona, pemerintah menyiapkan aturan larangan mudik hari raya Idul Fitri. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menyiapkan opsi kebijakan lain, jika memang mudik ditiadakan.

Skenario pertama adalah mengganti hari libur nasional di hari lain.

“Untuk mudik, dalam rangka menenangkan masyarakat, mungkin alternatif mengganti hari libur nasional di lain hari untuk Hari Raya, ini mungkin bisa dibicarakan,” kata Jokowi dalam rapat terbatas soal lanjutan pembahasan mudik melalui video yang disiarkan Sekretariat Presiden, Kamis (2/4/2020).

Skenario kedua, memberikan fasilitas mudik pada hari pengganti tersebut. Selain itu, menggratiskan tempat wisata di seluruh daerah.

“Kemudian yang kedua, memberikan fasilitas arus mudik pada hari pengganti tersebut. Kemudian di kemudian hari juga menggratiskan tempat wisata yang dimiliki daerah,” ujarnya.

Jokowi mengatakan skenario tersebut dibuat untuk menenangkan masyarakat. Jika memang mudik ditiadakan, Jokowi berharap masyarakat bisa memaklumi. Pemerintah pun akan memberikan kompensasi.

“Saya kira kalau skenario-skenario tersebut dilakukan bisa memberikan sedikit ketenangan pada masyarakat,” pungkas Jokowi. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here