2 Manfaat Allah Menciptakan Iblis dan Setan Menurut Quraish Shihab

570

Jakarta, Muslim Obsession – Sering kali terdengar bahwa tidak ada yang sia-sia dari semua makhluk yang Allah ciptakan. Artinya semua hal yang Allah ciptakan di alam semesta ini pasti ada manfaatnya. Namun sering kali orang tidak mengetahui. Seperti halnya pertanyaan mengenai apa manfaat iblis dan setan bagi manusia?

Direktur Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) Prof Quraish Shihab memberikan penjelasan mengenai pertanyaan tersebut. Menurutnya ada dua manfaat diciptakannya iblis dan setan bagi manusia. Pertama, yakni agar manusia mengetahui kebaikan dan keburukannya.

“Kita tidak bisa tahu nikmat sehat kalau kita tidak sakit,” kata Prof Quraish memberikan tamtsil atau perumpamaan seperti dikutip dalam akun Najwa Shihab di Youtube, dalam program Shihab & Shihab dengan tema Iblis dan Setan, Ahad (26/4/2020).

Kedua, kata pakar ilmu tafsir ini menyebut manfaat iblis dan setan bagi manusia adalah untuk bisa mencapai tingkat kemanusiaan yang lebih tinggi. Allah menciptakan setan untuk menggoda anak adam agar mereka memiliki keimanan yang kuat.

Terkait hal ini, Prof Quraish mengibaratkan fungsi setan dan iblis itu seperti lawan tinju. Seorang petinju tidak akan menjadi kuat kalau tidak memiliki lawan.

“Jadi untuk mencapai tingkat kemanusiaan yang tertinggi, perlu ada lawan kita supaya kita punya jiwa lebih mantap,” terangnya.

Jenis setan

Prof Quraish menjelaskan, setan adalah semua yang menentang perintah Allah dan mengajak yang lainnya untuk menentang-Nya.

Sementara mereka yang hanya membangkang kepada Allah -tanpa mengajak yang lainnya melakukan hal yang sama- tidak bisa disebut setan.

“Setan ini ada dua jenisnya. Ada jenis jin dan ada jenis manusia,” katanya.

Menurut penulis buku Setan dalam Al-Qur’an ini, baik setan dari jenis jin atau pun jenis manusia sama-sama berbahaya bagi manusia. Keduanya, menggoda manusia untuk berbuat maksiat kepada Allah. Karena tidak terlihat, setan dari jenis jin bisa ‘leluasa’ menggoda manusia.

Di sisi lain, setan dari jenis manusia juga tidak kalah berbahaya. Seseorang kadang tidak sadar digoda dan diperdaya setan manusia karena sehari-hari bergaul dengan setan dari jenis manusia tersebut. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here