185 Orang Peserta Ijtima Ulama Dunia Asal Jateng Dinyatakan Positif Corona

154

Semarang, Muslim Obsession – Terus bertambah, kali ini 185 orang peserta Ijtima Ulama Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan, dinyatakan positif Corona atau covid-19. Mereka berasal dari Jawa Tengah.

Hasil tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo. Hasil mereka diketahui setelah dilakukan tes massal dan pemeriksaan di sejumlah daerah.

“Penyebaran Covid-19 yang berasal dari klaster Gowa sudah sedikit demi sedikit ada titik temu. Kami sudah lakukan penelusuran dan pemeriksaan, ditemukan 185 orang positif,” ujar Yulianto di Semarang, Ahad (17/5/2020).

Ia menyebut peserta Ijtima Dunia di Gowa yang berasal dari Jawa Tengah total berjumlah 1.057 orang. Dari jumlah tersebut, penyebaran kluster Gowa terjadi di 30 kabupaten atau kota di Jawa Tengah.

“Kami belum bisa memastikan dimana daerah yang paling banyak tertular. Namun, ada lima wilayah yang nihil dari kluster Gowa,”ujarnya.

Lima wilayah dikatakan nihil dari Kluster Gowa, karena tak ada satu pun warga di wilayah tersebut yang mengikuti kegiatan ijtima ulama itu.

“Ada lima kabupaten atau kota yang warganya tidak ikut Ijtima Ulama, Gowa, yakni Rembang, Blora, Demak, Salatiga, dan Kota Tegal,” kata Yulianto menjelaskan.

Hingga kini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus melakukan penelusuran kepada warga Jawa Tengah yang diduga hadir di acara keagamaan di Gowa tersebut. Yulianto menegaskan, hal tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai penularan.

“Semua eks jemaah Gowa sudah diidentifikasi. Sudah dilakukan pemutusan mata rantai penularan, baik melalui penyelidikan epidemiologi, maupun contact tracing, juga sudah dilakukan karantina,” ujarnya.

Pihaknya berharap tidak ada lagi klaster penularan Covid-19 di Jateng seperti alumni Ijtima Ulama Gowa. “Harapan kita tidak ada lagi klaster-klaster baru semacam ini. Supaya kita bisa lakukan pengendalian, pencegahan Covid-19,” katanya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here