17 Negara Siap Bantu Korban Gempa dan Tsunami

397
Masjid Baiturrahman
Bangunan masjid Baiturrahman yang ambruk akibat tsunami di wilayah Talise, Palu Barat, Sulawesi Tengah, Ahad (29/9/2018). (Foto: Alinea.id)

Jakarta, Muslim Obsession – 17 negara menyatakan kesiapannya untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tenggara.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan pemerintah telah bertemu dengan perwakilan 17 negara tersebut untuk mendaftarkan jenis bantuan apa saja yang bisa diterima.

“Bantuan yang mereka tawarkan sudah kita pilah, sesuai yang dibutuhkan,” ujar Sutopo di Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Pertemuan tersebut, menurut Sutopo, juga membahas bahwa kebutuhan avtur pesawat dukungan asing selama di Indonesia ditanggung oleh negara pengirim.

Sutopo menjelaskan pemerintah hanya bisa menerima enam jenis kebutuhan saja dari masyarakat internasional, sesuai kebutuhan. Yaitu pesawat angkut, tenda pengungsian, alat pengolahan air bersih, rumah sakit lapangan, tenaga medis, dan genset.

Selain itu, Sutopo mengatakan Kementerian Kesehatan menyampaikan sebaiknya bantuan internasional itu seputar transportasi udara, alat pengolahan air bersih, genset dan tenda saja. Sedang kebutuhan rumah sakit lapangan, tenaga medis, obat-obatan dan fogging, pemerintah Indonesia masih bisa mencukupi.

“Makanya beberapa negara yang menawarkan tim SAR dan tenaga medis telah kita putuskan untuk tidak difasilitasi,” katanya.

Balikpapan, kata Sutopo, akan menjadi posko bantuan internasional. Pemerintah akan menyiapkan sistem keimigrasian di posko tersebut. Setelah itu, Pengelola posko akan melaporkan perkembangan pemberian bantuan kepada Menteri Koordinator Hukum, Politik dan Keamanan. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here