12 Negara Eropa Desak Israel Batalkan Proyek Pemukiman di Tepi Barat

85

Muslim Obsession – Sebanyak 12 negara Eropa pada Kamis (28/10/2021) mendesak Israel untuk membatalkan rencana pembangunan lebih dari 3.000 rumah pemukim di Tepi Barat yang diduduki.

Sehari setelah Amerika Serikat mengkritik rencana tersebut, Prancis, Jerman, Belgia, Denmark, Spanyol, Finlandia, Irlandia, Italia, Norwegia, Belanda, Polandia dan Swedia mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama bahwa Israel harus membatalkan keputusannya untuk membangun permukiman.

“Kami mendesak Pemerintah Israel untuk membatalkan keputusannya dalam memajukan rencana pembangunan sekitar 3.000 unit pemukiman di Tepi Barat,” kata kementerian luar negeri dari 12 negara, dilansir Daily Sabah.

“Kami mengulangi penentangan kuat kami terhadap kebijakan perluasan pemukiman di seluruh Wilayah Pendudukan Palestina, yang melanggar hukum internasional dan merusak upaya solusi dua negara,” kata mereka.

Israel pada hari Rabu membuat langkah baru untuk membangun rumah pemukim di Tepi Barat yang diduduki, sebuah langkah yang juga dikutuk oleh Palestina.

Komite perencanaan tinggi Administrasi Sipil memberikan persetujuan akhir untuk 1.800 rumah dan dukungan awal untuk 1.344 lainnya, kata juru bicara badan militer yang mengawasi masalah sipil di wilayah Palestina.

Sekitar 475.000 orang Yahudi Israel sudah tinggal di permukiman di Tepi Barat, yang dianggap ilegal menurut hukum internasional, di tanah yang diklaim Palestina sebagai bagian dari negara masa depan mereka.

Persetujuan itu datang sehari setelah Washington mengkritik Israel atas kebijakannya membangun permukiman, dengan pemerintahan Presiden Joe Biden mengatakan “sangat” menentang pembangunan baru di Tepi Barat.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here