12 Buah Tersehat, Urutan Keempat Jeruk Nipis

249
Buah (Foto: Pinterest)

Muslim Obsession – Makan lebih banyak buah adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit.

Buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral esensial yang sangat baik dan kaya serat. Buah-buahan juga menyediakan berbagai macam antioksidan yang meningkatkan kesehatan, termasuk flavonoid.

Makan makanan yang kaya buah dan sayuran dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung, kanker, radang, dan diabetes. Buah jeruk dan beri mungkin sangat ampuh untuk mencegah penyakit.

Dilansir Medical News Today, sebuah studi tahun 2014 memberi peringkat pada buah berdasarkan kepadatan nutrisi yang tinggi dan kalori yang rendah. Berikut urutannya!

1. Lemon

Lemon adalah salah satu buah jeruk yang sering digunakan orang dalam pengobatan tradisional karena manfaat kesehatannya. Kandungan antioksidan pada lemon sangat penting untuk kesehatan manusia. Senyawa tersebut membersihkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel tubuh dan memicu timbulnya penyakit seperti kanker.

Peneliti percaya bahwa flavonoid dalam lemon dan buah jeruk lainnya memiliki sifat antibakteri, antikanker, dan antidiabetik.

2. Stroberi

Stroberi adalah buah merah yang berair dengan kandungan air yang tinggi. Bijinya memberikan banyak serat makanan per porsi. Stroberi mengandung banyak vitamin dan mineral yang menyehatkan.

Dari catatan khusus, buah ini mengandung antosianin, yaitu flavonoid yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Serat dan potasium pada stroberi juga dapat mendukung kesehatan jantung.

3. Jeruk

Jeruk adalah salah satu sumber terkaya vitamin C, dengan satu buah berukuran sedang menyediakan 117 persen dari nilai vitamin C harian seseorang.

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis adalah buah jeruk asam yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Seperti buah jeruk lainnya, jeruk nipis memberikan dosis vitamin C yang menyehatkan. Jeruk nipis juga memiliki manfaat kesehatan, antibakteri, dan antioksidan yang serupa.

5. Jeruk bali

Jeruk bali adalah buah asam yang penuh dengan vitamin dan mineral yang merangsang kesehatan. Jeruk bali bisa berwarna merah muda, merah, atau putih.

Sebuah studi tinjauan menunjukkan senyawa yang disebut furanocoumarins yang ditemukan dalam jeruk bali dapat membantu melindungi terhadap stres oksidatif dan tumor serta dapat mendukung kesehatan tulang.

6. Blackberry

Seperti buah beri lainnya, blackberry mengandung antosianin yang meningkatkan kesehatan. Blackberry mengandung banyak biji sehingga memiliki kandungan serat yang tinggi. Artinya mereka dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan kesehatan jantung.

7. Apel

Apel adalah buah berserat tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan berat badan. Pektin dalam apel membantu menjaga kesehatan usus.

8. Delima

Banyak orang menganggap buah delima sebagai ‘makanan super’. Buah ini kaya akan antioksidan dan polifenol, yang membantu melawan stres oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit dalam tubuh.

9. Nanas

Nanas adalah buah eksotis yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan pertumbuhan jaringan yang sehat. Nanas mengandung senyawa aktif yang disebut bromelain, yang dikonsumsi banyak orang sebagai suplemen makanan karena potensi manfaat kesehatannya.

10. Pisang

Pisang terkenal dengan kandungan kaliumnya yang tinggi. Pisang berukuran sedang mengandung 422 mg asupan orang dewasa yang cukup sebanyak 4.500 mg kalium.

Kalium membantu tubuh mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Pisang juga merupakan sumber energi yang baik, dengan satu buah pisang mengandung 105 kalori dan 26,95 g karbohidrat.

11. Alpukat

Banyak orang menyebut alpukat sebagai makanan super karena kualitasnya yang menyehatkan. Alpukat kaya akan asam oleat, lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

The American Heart Association mengatakan bahwa menjaga kadar kolesterol yang sehat dengan lemak sehat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

12. Blueberry

Blueberry adalah makanan super lain yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti stroberi, blueberry mengandung antosianin, yang merupakan antioksidan kuat.

Karena itu, buah ini dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, stroke, kanker, dan penyakit lainnya. Blueberry juga mengandung pterostilbene, senyawa yang dapat membantu mencegah penumpukan plak di arteri. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here