6 Negara Ini Rayakan HAN di Bulan yang Sama! Yuk Intip Perayaannya!

452
Salah satu cara merayakan Hari Anak Nasional di Indonesia, dengan bertanding permainan klereng.

Muslim Obsession – Anak merupakan generasi penerus orangtua dan bangsa. Hari Anak pun, menjadi event ‘sakral’ yang diselenggarakan di berbagai negara. Termasuk Indonesia yang memperingatinya setiap tanggal 23 Juli.

Nah, rupanya ada juga sejumlah negara yang memperingati Hari Anak di bulan yang sama dengan Indonesia. Negara mana saja? Lalu, bagaimana perayaannya? Kuy, kita intip keseruannya.

 

  1. Pakistan

Negara yang tenar dengan julukan “Seribu cahaya” ini menaruh perhatian khusus pada anak-anak. Pakistan merayakan Hari Anak pada tanggal 1 Juli di setiap tahunnya. Uniknya, masyarakat Pakistan merayakannya dengan cara yang berbeda sesuai dengan temanya. Salah satu tema yang pernah diangkat dalam peringatan tersebut adalah memberi pengetahuan tentang hak-hak dasar yang dimiliki anak. Biasanya, sekolahlah yang memegang peran dalam hal tersebut.

 

  1. Kuba

Menjadi negara komunis tak membuat Kuba absen dari peringatan Hari Anak Nasional. Peringatan ini biasanya digelar setiap minggu ketiga di bulan Juli. Setiap tahunnya, beragam cara dilakukan dalam memperingati perayaan tersebut. Pada hari itu, pemerintah Kuba biasanya bekerjasama dengan sekolah untuk memberikan pengetahuan tentang hak-hak dasar anak. Salah satunya dengan memberi penyuluhan tentang memperoleh pendidikan dan layanan kesehatan yang selayaknya.

 

  1. Venezuela

Seperti Kuba, Venezuela pun memperingati Hari Anak Nasional di minggu ketiga bulan Juli. Ada banyak pawai yang memadati kota-kota dengan anak-anak sebagai pelaku utamanya.

 

  1. Panama

Sama dengan Kuba dan Venezuela, Panama juga memperingati Hari Anak Nasional setiap minggu ketiga di bulan Juli. Biasanya sekolah-sekolah mengadakan perayaan dengan berkeliling kota. Selain itu, ada juga pawai yang dilakukan anak-anak di pusat kota.

 

  1. Vanuatu

Sehari setelah Indonesia merayakan Hari Anak Nasional, kini giliran Vanuatu yang merayakannya. Yap, negara kepulauan di Samudra Pasifik ini menggelar perayaannya setiap 24 Juli. Tema besarnya adalah membiarkan anak-anak mengekspresikan apa yang ia sukai. Menari, berpidato, atau menyanyi adalah hal-hal yang biasa dilakukan dalam perayaan tersebut.

 

  1. Indonesia

Di Indonesia, Hari Anak Nasional (HAN) diperingati pada 23 Juli. Peringatan ini pun bukan untuk seru-seruan saja, tetapi bertujuan membangun kembali kesadaran setiap elemen bangsa, baik individu, orang tua, guru, maupun pemerintah tentang pentingnya tugas masing-masing dalam memenuhi hak anak dan perlindungan anak.

“Beri kesempataan kepada mereka, untuk kembali ke dunia anak-anak dan menikmati kebutuhan khas mereka, yaitu bermain, bersekolah, dan istirahat secara cukup. Setelah itu, kita beri kesempatan kepada mereka untuk belajar agar masa depannya lebih baik. Pesan Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri yang dikutip dari instagramnya @kemnaker.

Perayaan yang dilakukan oleh negara yang dijuluki Mafia Asia ini pun, beragam macamnya. Dimulai dari seminar, perlombaan, dan penyuluhan. Tiap tahun, temanya pun beragam. Untuk tahun ini, Indonesia menggunakan tema “GENIUS” yakni gesit, empati, berani, unggul, dan sehat.

Untuk menjadi GESIT bukan berarti ceroboh, akan tetapi harus bisa cermat dan hati-hati. Selain berprestasi, juga harus mempunya EMPATI yakni menjadi generasi yang menjaga baiknya budi pekerti. BERANI lah karena benar, jangan asal bisa mengkritisi. BERANI juga tak berarti melanggar aturan agama dan norma-norma. Jadilah generasi yang cerdas membawa diri. Jadilah UNGGUL dengan tetap rendah hati, bukan bertingkah semaunya sendiri. Jaga dan jadilah SEHAT, bukan hanya fisik tapi juga secara psikologis, bukan hanya jasmani tapi rohani.

Nah, sekarang giliranmu! Perayaan hari Anak Nasional di negara mana nih yang paling menarik? Jangan lupa share ceritamu di sini yah !

Ingat! sebagai generasi bangsa, jadilah generasi yang punya karya dan berprestasi. Bukan hanya generasi yang bisanya gaya dan cari sensasi.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here