Oleh: Buya H. Masoed Abidin (Ulama dan penulis)
Ada banyak keutamaan dan manfaat membaca kitab suci Al-Quran. Untuk mendapatkan keduanya, seyogianya kita memperhatikan adab-adab saat “memperlakukan” Al-Quran.
Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
- Istiqamah Membaca Al-Quran
Abu Umamah al-Bahili radhiyallahu ‘anhu berkata: Aku mendengar Nabi ﷺ bersabda:
اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ
Bacalah Al-Quran, sesungguhnya ia akan datang pada hari Kiamat sebagai pembela untuk pembacanya,” (Sahih Muslim, Kitab Shalat al-Musafirin wa Qasriha, hadis no: 804).
Dari ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Nabi ﷺ bersabda:
مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ
“Siapa saja yang membaca satu huruf Dari kitab Allah, maka dia akan mendapat satu pahala dan sepuluh kali ganda pahala tersebut. Aku tidak menyatakan Alif Lam Mim satu huruf. Akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf,” (Jami’ at-Tirmizi, Kitab Fadhail Al-Quran, hadis no: 2910, hasan sahih gharib).
Hendaklah tetap membaca Al-Quran walau masih belum lancar. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi ﷺ bersabda:
الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ
“Orang yang mahir membaca Al-Quran, dia akan bersama dengan malaikat yang mulia. Manakala orang yang membaca Al-Quran dalam keadaan tersangkut-sangkut, dan dia mengalami kesukaran untuk membacanya, dia akan mendapat dua pahala,” (Sahih Muslim, Kitab Solat al-Musafirin wa Qasriha, hadis no: 798).
- Mengajar dan Belajar Al-Quran
Dari Utsman radhiyallahu ‘anhu, Nabi ﷺ bersabda:
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
“Sebaik-baik kalian ialah yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya,” (Sahih al-Bukhari, Kitab Fadhail Al-Quran, hadis no: 5027).
- Mengamalkan Apa yang Dibaca
Dari Abu Musa al-Asyaari radhiyallahu ‘anhu, Nabi ﷺ bersabda:
مَثَلُ الَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ كَالأُتْرُجَّةِ طَعْمُهَا طَيِّبٌ وَرِيحُهَا طَيِّبٌ وَالَّذِي لاَ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ كَالتَّمْرَةِ طَعْمُهَا طَيِّبٌ وَلاَ رِيحَ لَهَا، وَمَثَلُ الْفَاجِرِ الَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ كَمَثَلِ الرَّيْحَانَةِ رِيحُهَا طَيِّبٌ وَطَعْمُهَا مُرٌّ، وَمَثَلُ الْفَاجِرِ الَّذِي لاَ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ كَمَثَلِ الْحَنْظَلَةِ طَعْمُهَا مُرٌّ وَلاَ رِيحَ لَهَا “.
“Orang yang membaca Al-Quran itu umpama buah utrujah, rasanya sedap dan baunya wangi. Orang yang tidak membaca Al-Quran pula umpama buah kurma yang sedap rasanya tetapi tiada bau padanya. Orang jahat yang membaca Al-Quran umpama buah raihanah, baunya wangi tetapi rasanya pahit. Orang jahat yang tidak membaca Al-Quran umpama buah hanzalah. Rasanya pahit dan ia tiada bau,” (Sahih al-Bukhari,Kitab Fadhail Al-Quran, hadis no: 5020).
- Menghafal Al-Quran dan Menjaga Hafalannya
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Nabi ﷺ bersabda:
يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِي الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَتَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَأُ بِهَا
“(Pada hari kiamat) akan dikatakan kepada penghafaz Al-Quran. Bacalah, dan naiklah. Bacalah sebagaimana engkau telah membaca di dunia. Sesungguhnya kedudukan engkau ialah pada akhir ayat yang engkau baca,” (Jami’ at-Tirmizi, Kitab Fadhail Al-Quran, hadis no: 2914, hasan sahih).
Dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, Nabi ﷺ bersabda:
تَعَاهَدُوا الْقُرْآنَ فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَهُوَ أَشَدُّ تَفَصِّيًا مِنَ الإِبِلِ فِي عُقُلِهَا
“Jagalah Al-Quran. Demi Tuhan yang diri ku di tangan Nya. Sesungguhnya Al-Quran itu lebih laju larinya Dari unta yang terlepas dari talinya,” (Sahih al-Bukhari, Kitab Fadhail Al-Quran, hadis no: 5033).
- Mengelokkan Suara ketika Membacanya
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi ﷺ bersabda:
مَا أَذِنَ اللَّهُ لِشَىْءٍ مَا أَذِنَ لِنَبِيٍّ حَسَنِ الصَّوْتِ بِالْقُرْآنِ يَجْهَرُ بِهِ
“Tidaklah Allah mendengar sesuatu sebagaiman Dia mendengar kepada nabi ﷺ apabila baginda membaguskan suara ketika membaca Al-Quran,” (Sahih al-Bukhari, Kitab at-Tauhid, hadis no: 7544).
Nabi ﷺ berkata kepada Abu Musa radhiyallahu ‘anhu:
يَا أَبَا مُوسَى لَقَدْ أُوتِيتَ مِزْمَارًا مِنْ مَزَامِيرِ آلِ دَاوُدَ
“Wahai Abu Musa. Sesungguhnya engkau telah dikurniakan seruling dari seruling-seruling keluarga Daud,” (Sahih al-Bukhari, Kitab Fadhail Al-Quran, hadis no: 5048).
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi ﷺ bersabda:
لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَتَغَنَّ بِالْقُرْآنِ
“Bukanlah dari kami sesiapa yang tidak mengelokkan suara ketika membaca Al-Quran,” (Sahih al-Bukhari, Kitab at-Tauhid, hadis no: 7527).
- Menghayati Maksud Ayat Al-Quran
Firman Allah Ta’ala:
كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ (29)
“Kitab yang Kami turunkannya kepada kalian dengan penuh keberkatan supaya manusia menghayati ayat-ayatnya dan supaya golongan yang berfikir dapat mengambil pengajaran,” (QS. Sad : 29).
Baginda ﷺ kadangkala mengulangi ayat yang dibaca karena menghayati maksudnya.
Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu berkata:
قَامَ النَّبِيُّ ـ صلى الله عليه وسلم ـ بِآيَةٍ حَتَّى أَصْبَحَ يُرَدِّدُهَا وَالآيَةُ {إِنْ تُعَذِّبْهُمْ فَإِنَّهُمْ عِبَادُكَ وَإِنْ تَغْفِرْ لَهُمْ فَإِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ} .
“Baginda ﷺ bangun mendirikan shalat sehingga pagi. Baginda mengulangi membaca ayat: Seandainya Engkau mengazab mereka, sesungguhnya mereka hamba Mu. Jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa dan Bijaksana,” (Sunan an-Nasaie, Kitab Iqamah as-Solat, hadis no: 1350).
- Menggosok Gigi Sebelum Baca Al-Quran
عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ُأَنَّهُ أَمَرَ بِالسِّوَاكِ، وَقَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا تَسَوَّكَ، ثُمَّ قَامَ يُصَلِّي قَامَ الْمَلَكُ خَلْفَهُ، فَتَسَمَّعَ لِقِرَاءَتِهِ فَيَدْنُو مِنْهُ ”أَوْ كَلِمَةً نَحْوَهَا” حَتَّى يَضَعَ فَاهُ عَلَى فِيهِ فَمَا يَخْرُجُ مِنْ فِيهِ شَيْءٌ مِنَ الْقُرْآنِ، إِلا صَارَ فِي جَوْفِ الْمَلَكِ، فَطَهِّرُوا أَفْوَاهَكُمْ لِلْقُرْآنِ
“Kami disuruh untuk menggosok gigi. Rasulullah ﷺ bersabda: Sesungguhnya apabila seorang insan menggosok gigi, kemudian dia bangun mendirikan shalat , maka seorang malaikat berdiri di belakangnya dan mendengar bacaannya. Kemudian malaikat itu mendekatinya (kata perawi: atau menyatakan kalimat yang serupa) lalu meletakkan mulutnya di atas mulut orang tersebut sehingga tiada ayat-ayat Al-Quran yang keluar dari mulutnya kecuali akan masuk ke dalam perut-perut malaikat. Oleh yang demikian, sucikanlah mulut kamu bila hendak membaca Al-Quran,” (Musnad al-Bazzar, Musnad Ali bin Abi Thalib, hadis no : 603. Shaikh Al-Albani menyatakan ini hadis hasan, lihat Sahih at-Targhib wa at-tarhib:215).
- Membaca dalam Keadaan Suci dari Hadats Kecil
Jika membacanya tanpa wudhu, maka ia tetap dibolehkan menurut ijma’ ulama.
- Boleh Dibaca Sambil Berdiri, Duduk ataupun Berbaring
‘Aisyah radhiyallahu ‘anhu berkata:
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَتَّكِئُ فِي حِجْرِي وَأَنَا حَائِضٌ فَيَقْرَأُ الْقُرْآنَ
“Baginda ﷺ pernah berbaring di atas riba-ku ketika aku dalam keadaan haidh, lalu baginda membaca Al-Quran,” Sahih Muslim, Kitab al-Haidhi, hadis no: 301).
- Membaca Ta’awudz Sebelum Membaca Al-Quran
Ta’awudz adalah membaca: أعوذ بالله من الشيطان الرجيم
Firman Allah:
فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
“Apabila kalian membaca Al-Quran, mohonlah perlindungan dengan Allah dari syaitan yang dirajam,” [An-Nahl : 98).
Membaca Ta’awudz ini disunatkan menurut mayoritas ulama dan sunat dibaca di dalam shalat pada setiap rakaat dan di luar shalat.
11- Hendaklah Membaca Basmallah Jika Membaca dari Awal Surah, Kecuali Surah At-Taubah.
Wallahu a’lam bish shawab.