Moskovskiy Soborniy Mecet, Daya Tarik Rusia Selain Piala Dunia

320
Masjid Katedral Moskow 1
Moskovskiy Soborniy Mecet Rusia menjadi masjid termegah di Eropa. Didirikan pada tahun 1904 dan direstorasi mulai tahun 2005 ini, masjid ini memiliki luas 19.000 m2. (Foto: Russia Beyond)

Muslim Obsession – Saat ini Rusia menjadi obyek perhatian manusia di seluruh dunia. Penyebabnya adalah perhelatan Piala Dunia 2018 yang mempertemukan para pesepakbola antarnegara dan menjadi daya tarik yang luar biasa bagi jutaan pasang mata yang menyaksikannya, baik secara langsung maupun melalui televisi.

Rusia ternyata tak hanya soal perhelatan akbar itu. Perkembangan Islam di Rusia pun sangat menarik untuk dikenali. Apalagi saat ini, Islam di Negeri Beruang Merah itu merupakan agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks, yakni sekitar 21-28 juta penduduk atau 15-20 persen dari total sekitar 142 juta penduduk.

Pertama kali Islam tiba di salah satu negara Kaukasus itu sekitar pertengahan abad ke-7. Tepatnya, ketika umat Islam muncul di wilayah Kaukasus sebagai bagian dari penaklukan mereka terhadap Persia. Peristiwa ini hanya beberapa dekade setelah Nabi Muhammad Saw. meneguhkan agama Islam kepada dunia.

Kehidupan Muslim di Rusia saat ini jauh lebih baik dibandingkan dengan masa kekuasaan komunis dahulu. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Rusia, pemimpin Rusia Vladimir Putin memasukkan menteri Muslim dalam kabinetnya dan mengakui eksistensi Muslim Rusia.

Masjid Katedral Moskow 2

Dengan berkembang pesatnya Islam di Rusia, maka sejarah-sejarah Islam di Rusia mulai digali dan dikembangkan supaya dikenal oleh Muslim dunia. Tidak banyak orang tahu bahwa Rusia memiliki sejarah Islam yang sangat panjang, bahkan membentang hampir 1.400 tahun.

Hal ini terlihat dari banyaknya tempat-tempat bersejarah yang menggambarkan Islam berkembang cukup baik di negeri ini. Tempat-tempat tersebut menjadi destinasi menarik yang dapat dikunjungi oleh turis Muslim.

Dari deretan masjid-masjid megah, Masjid Agung Moskow atau Moskovskiy Soborniy Mecet menjadi destinasi yang paling ramai dikunjungi. Masjid ini baru dibangun sebagai masjid terbesar di Eropa.

Sebagai Masjid termegah di Eropa, Moskovskiy Soborniy Mecet bisa menampung lebih dari 10 ribu jamaah shalat pada hari biasa. Dan pada hari-hari besar seperti perayaan hari besar Islam, masjid ini mampu menampung sampai 20 ribu jamaah shalat.

Moskovskiy Soborniy Mecet memiliki kubah setinggi 46 meter dan menara 72 meter. Pada bagian tengahnya memiliki kubah berlapis emas dengan bingkai ukiran ayat-ayat Al-Quran. Masjid dilengkapi tujuh lift, pendingin udara, dan fasilitas bagi penyandang cacat. Setelah direstorasi, masjid yang didirikan pada tahun 1904 dan direstorasi mulai tahun 2005 ini, kini memiliki luas 19.000 m2.

Moskovskiy Soborniy Mecet saat ini menjadi masjid kebanggaan bagi warga Rusia, khususnya warga muslim. Bukan hanya karena memiliki bangunan arsitektur yang sangat megah dan unik, tetapi masjid ini merupakan masjid tertua di Rusia yang saat ini menjadi pusat peribadatan dan kajian Islam umat Muslim di Rusia. (Imas)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here