10 Fakta Mengejutkan Muslim Prancis yang Jarang Diketahui

114

Muslim Obsession – Muslim Prancis telah tinggal di Prancis untuk waktu yang sangat lama. Berikut ini 10 fakta menarik tentang umat Islam di Prancis yang jarang diketahui:

1. Muslim yang tinggal di Prancis berasal dari berbagai negara, kebanyakan dari Maroko, Tunisia, Aljazair, dan Afrika Utara.

2. Jumlah Muslim terbesar di dunia Barat sebagian besar berada di Prancis. Alasan utamanya adalah migrasi dari wilayah Maghreb di Afrika Utara. Namun, beberapa juga datang melalui migrasi dari negara-negara Timur Tengah, dan secara total, Muslim Prancis mencapai 8,8 persen dari populasi.

3. Berabad-abad yang lalu, Muslim pertama tiba di Prancis. Selama era Kontemporer, jumlah Muslim terbesar datang dari Prancis. Periode ini merupakan buntut dari Perang Kemerdekaan Kolonial selama tahun 1954-1962.

4. Di Uni Eropa, Prancis adalah rumah bagi jumlah Muslim terbesar. Di Eropa, Prancis merupakan tempat sepertiga dari populasi Muslim.

5. Niqab dan burqa dilarang di depan umum selama tahun 2010. Prancis adalah negara pertama yang mengeluarkan undang-undang untuk larangan seperti ini. Selama tahun 2004, jilbab dan salib dilarang. Prancis juga melarang orang Yahudi masuk ke sekolah umum.

6. Tidak hanya orang Perancis tetapi orang asing juga termasuk dalam larangan ini. Larangan ini juga berlaku bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Prancis, dan larangan ini berlaku untuk semua tempat umum. Jika seseorang kedapatan melanggar aturan, mereka harus membayar denda lebih dari 100 Euro.

7. Larangan ini, seperti dilansir The Islamic Information, bertentangan dengan konsep Prancis sebagai negara sekuler, dan larangan itu karena radikalisasi. Itu adalah rencana untuk mengkriminalisasi umat Islam, seperti yang dinyatakan oleh Mufti Agung Masjid Paris. Di parlemen sendiri telah disaksikan oleh Mufti Agung bahwa niqab bukanlah sesuatu yang dianut dalam Islam.

8. Prancis telah sangat melanggar hak asasi manusia, seperti yang dinyatakan oleh PBB pada 2018. Prancis belum memberikan alasan khusus kepada PBB untuk melarang niqab, sehingga PBB menangani kasus ini.

9. Antara 2010 hingga 2016, Prancis menyambut lebih dari setengah juta migran Muslim. Prancis menyambut 80.000 pengungsi, dan mayoritas pengungsi ini adalah Muslim.

10. Paris adalah kota dengan jumlah penduduk Muslim tertinggi, diikuti oleh Marseille dan Lyon.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here