10 Cara Menyelamatkan Kulit dari Jerawat Setelah Olahraga

1247
Muslimah Berhijab (Ilustrasi/ Independent)

Muslim Obsession – Dalam banyak hal, olahraga bisa sangat baik untuk kulit kita. Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke sel-sel kulit, membawa nutrisi dan oksigen serta membuang limbah atau kotoran.

Selain baik untuk kesehatan fisik, olahraga juga dapat membantu mengurangi stres. Namun, sayangnya berkeringat setelah olahraga di luar ruangan atau gym juga dapat menciptakan kondisi yang sempurna untuk munculnya bakteri penyebab jerawat.

Dilansir Healthline, Selasa (4/2/2020) untuk mencegah jerawat pasca olahraga, dokter kulit merekomendasikan 10 tips berikut:

1. Bersihkan riasan atau makeup sebelum olahraga

Susan Massick, dokter kulit di The Ohio State University Wexner Medical Center, merekomendasikan untuk selalu membersihkan wajah Anda sebelum berolahraga untuk menghilangkan makeup.

Selama berolahraga, ada peningkatan aliran darah ke kulit. Peningkatan aliran darah ini menyebabkan pori-pori terbuka. Riasan dapat menyebabkan keringat dan bakteri terperangkap di pori-pori yang membesar. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat. Jika tidak ada air, American Academy of Dermatology menyarankan bahwa penghapus makeup bebas minyak juga dapat digunakan untuk mencuci wajah

2. Jangan biarkan rambut terurai dan mengenai wajah

Minyak alami dari rambut dan produk perawatan rambut Anda dapat ditransfer ke kulit Anda. Rambut juga bisa memerangkap kelembapan pada kulit Anda. Hal ini dapat menyumbat pori-pori dan mendorong pertumbuhan jamur, hingga berkontribusi untuk pertumbuhan jerawat.

3. Bersihkan semua peralatan yang akan menyentuh wajah Anda

“Bersihkan semua peralatan yang akan menyentuh wajah Anda,” kata Massick. Termasuk headphone, jika Anda berolahraga sambil mendengarkan musik atau podcast, maka semua itu harus dalam keadaan bersih, tak terkecuali helm Anda.

4. Bersihkan peralatan olahraga bersama

Massick merekomendasikan untuk membersihkan semua peralatan olahraga bersama sebelum digunakan. Meskipun alangkah baiknya jika setiap orang sama perhatiannya seperti kita dan dibersihkan setelah setiap kali digunakan, namun kita tidak bisa benar-benar mengandalkan hal ini. 

5. Hindari menyentuh wajah Anda dengan tangan

Massick juga menyarankan untuk tidak menyentuh wajah Anda dengan tangan saat berolahraga. Bakteri, minyak, atau kotoran apa pun yang Anda sentuh dapat ditransfer ke kulit Anda, dan berkontribusi pada pori-pori serta infeksi yang tersumbat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here