Ustadz Abdul Somad: Amalan Tahunan Akan Diangkat Pada Bulan Sya’ban

316

Muslim Obsession – Malam pertengahan bulan Sya’ban atau Nisfu Sya’ban (15 Sya’ban 1439 Hijriah) jatuh pada Senin (30/4/2018) malam atau malam Selasa.

Rasulullah Saw. bersabda, “Bulan Sya’ban – bulan antara Rajab dan Ramadhan- adalah bulan di saat manusia lalai. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An-Nasa’i no. 2359. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Ustadz Abdul Somad dalam satu ceramahnya menjelaskan keutamaan bulan Sya’ban, bulan di dalamnya terdapat satu malam yang pada malam itu Allah akan mengampuni dosa semua umatnya, yaitu malam nisfu Sya’ban.

Dalam salah satu video Youtube yang diunggah akun tafaqquh video, Ustadz Abdul Somad mengawali ceramah tentang keutamaan dan amalan bulan Sya’ban, dengan kisah cucu angkat Nabi Muhammad Saw, Usamah bin Zaid.

Usamah bin Zain datang menemui Nabi Muhammad dan bertanya: Wahai Rasulullah saya tidak pernah melihat Engkau berpuasa di bulan-bulan lain sebanyak engkau berpuasa di bulan Sya’ban. Ada apa gerangan?

Mendengar pertanyaan cucunya itu, Rasulullah menjawab bulan ini (Sya’ban) merupakan bulan semua amalan diangkat ke sisi Allah Swt. Dan Rasulullah sangat senang saat amalnya diangkat Allah Swt. sedang dalam keadaan berpuasa.

Setelah itu, Ustadz Abdul Somad mengatakan, saking seringnya Rasulullah berpuasa pada bulan Sya’ban, Aisyah tak bisa lagi membedakan apakah Rasulullah berpuasa pada hari itu atau tidak.

“Saya tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa dalam satu bulan, kecuali bulan Ramadhan. Dan saya tidak pernah melihat Nabi lebih banyak puasa dari Ramadhan selain di bulan Sya’ban,” kata Ustadz Abdul Somad menerjemahkan hadist yang dibacanya.

Berdasarkan dua hadist tersebut, Ustadz Abdul Somad mengatakan bahwa puasa merupakan salah satu amalan yang paling sering dilakukan oleh Rasulullah Saw. selama bulan Sya’ban.

Selain berpuasa, amal lain yang bisa dilakukan adalah membaca Al-Quran, berdzikir, serta amal harta seperti sedekah dan wakaf.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here