Tengok Keindahan Masjid Pink, Masjid Paling Menawan di Iran

77
Masjid Nasir Al-Mulk atau Masjid Pink di Iran (Foto: Atlasobscura)

Muslim Obsession – Masjid Nasir Al-Mulk atau biasa disebut Masjid Pink merupakan salah satu masjid yang paling indah di Shiraz Iran.

Shiraz adalah salah satu kota tertua di Iran, dengan budaya seni dan kerajinan yang dinamis dan sejarah yang kaya, keduanya berada di layar spektakuler Masjid Nasir Al-Mulk. Kota ini terletak di kawasan Gawd-i Arabān, dekat Masjid Shāh Chérāgh. Dibangun di bawah pemerintahan Qajar di Iran.

Dengan kaca patri yang mempesona, ribuan ubin yang dilukis di langit-langit dan karpet Persia yang menutupi lantai, membuat masjid ini memancarkan warna pelangi yang cantik di setiap arah.

Ketika kita berjalan di atas lantainya, rasanya seperti melangkah melewati kaleidoskop. Tak hanya itu, di dalam masjid terdapat halaman terbuka dengan kolam persegi di tengahnya, yang dikelilingi bunga-bunga nan elok.

Dilansir Atlasobscura, Selasa (17/7/2018) bangunan Masjid Nasir Al-Mulk menampilkan puluhan lengkungan arabesque, yang menambah keindahan pertunjukan cahaya dari kaca patri. Kaca berwarna yang luas di bagian depannya, menampilkan elemen tradisional lainnya seperti Panj Kāse desain lima cekungan.

Lalu, mengapa masjid ini disebut Masjid Pink atau Masjid merah Muda? Alasannya ialah karena banyaknya ubin berwarna merah muda yang menyelimuti langit-langit. Warna pink itu akan memancar di dalam masjid, apalagi saat pagi hari. Saat tepat di mana matahari memantulkan pola kaca patri ke lantai.

Masjid Nasir Al-Mulk ini dibangun antara tahun 1876 dan 1888, selama dinasti Qajar, yang memerintah Iran dari tahun 1785 hingga 1925. Masjid ini dibangun selama dinasti Qajar, dan masih digunakan di bawah perlindungan oleh Endowment Foundation of Nasir ol Molk.

Konstruksi dimulai pada tahun 1876 oleh ordo Mirzā Hasan Ali (Nasir ol Molk), seorang penguasa Qajar, dan selesai pada 1888. Para desainernya ialah Mohammad Hasan-e-Memār, seorang arsitek Iran, dan Mohammad Rezā Kāshi-Sāz-e-Širāzi. Sedangkan jendela dan pintu berwarna-warni dibuat oleh master tukang kayu Haji Mirza Ayat. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here