Survei: 60,6% Warga Palestina Tolak Campur Tangan AS

45
Mayoritas warga Palestina tolak campur tangan AS sebagai mediator perdamaian (Foto: Middle East Monitor)

Ramallah, Muslim Obsession – Sebuah survei terbaru yang dilakukan Media dan Pusat Komunikasi Yerusalem (JMCC) terbitan Senin (6/8/2018) menunjukkan bahwa 60,6% warga Palestina mendukung posisi kepemimpinan Palestina untuk tidak menerima Amerika Serikat (AS) sebagai mediator tunggal dalam proses perdamaian.

Sedangkan 28,1% menolak berurusan dengan AS setelah pengakuannya atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Survei lainnya menyebut 80,3% warga Palestina meyakini “Deal of The Century” yang dipromosikan oleh pemerintah AS tidak akan menghasilkan keuntungan apa pun bagi Palestina. Sedangkan sejumlah 6,8% mengatakan sebaliknya.

Dilansir Wafa, Senin (6/8/2018) survei juga menunjukkan bahwa 49,1% masyarakat mendukung perundingan damai, sementara 45,6% menentangnya.

Mengenai rekonsiliasi antar-Palestina, survei menemukan bahwa masyarakat masih pesimistis mengenai kemungkinan rekonsiliasi. Mayoritas responden, 56,9% menyatakan pesimisme mereka terhadap kemungkinan bahwa perjanjian rekonsiliasi yang ditandatangani pada Oktober 2017 akan dilaksanakan, dibandingkan dengan 35,5% yang mengatakan sebaliknya.

Jajak pendapat ini bekerja sama dengan Jerman Friedrich Ebert Stiftung pada sampel acak 1.200 orang di atas usia 18, yang diwawancarai tatap muka di seluruh Tepi Barat dan Jalur Gaza antara 26 Juni dan 7 Juli 2018, di mana memungkinkan terjadi tiga persen kesalahan. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here