Soto Padang yang Enak di Bandung

184
Soto Padang
Rumah Makan Soto Padang Uda Ujang. (Foto: istimewa)

Oleh: Rinaldi Munir (Dosen Teknik Informatika ITB)

Sore dalam perjalanan pulang ke rumah ke kantor, saya singgah dulu di kedai soto padang masakan Uda Ujang di Jalan Singaperbangsa, dekat kampus Unpad Dipati Ukur, Bandung. Suasana sore yang mendung dan dingin ini membuat saya agak lapar, jadi saya ingin makan soto padang yang hangat dan enak. Hmmm….

Menurut saya soto padang masakan Uda Ujang adalah soto padang yang terenak di kota Bandung. Mantap rasa, aroma, dan pedasnya. Orisinal, persis sama dengan soto yang saya makan  di Pasar Raya, Padang.

Di Bandung ada beberapa rumah makan padang yang menyediakan soto, tetapi dari semua soto padang yang pernah saya coba, saya menempatkan soto padang yang terenak ya soto di kedai ini. Kedai Uda Ujang khusus hanya menjual masakan soto padang saja, tidak ada masakan lain.

Soto padang isinya antara lain irisan daging goreng atau daging dendeng yang dipotong kecil-kecil, perkedel kentang, bihun, seledri, bawang goreng, dan sama sekali tanpa MSG. Kelezatan soto padang terletak pada kuahnya. Kuah soto terbuat dari kaldu daging atau ulang sapi dengan ramuan rempah-rempah. Paduan rempah-rempah itulah yang membedakan soto padang yang satu dengan soto padang lainnya.

Paduan mana yang menghasilkan rasa yang pas di lidah, itulah soto padang yang enak dan gurih. Soto padang akan lebih nikmat jika ditambah dengan sambal khas dan perasan jeruk nipis atau cuka. Sambalnya adalah cabe halus yang dimasak dengan tambahan asam cuka. Supaya lebih menarik, nasinya  ditaburi kerupuk merah. Mantap!

Saya suka mengajak teman makan di sini, kadang-kadang juga saya pesan untuk menu rapat di kantor. Kedainya buka dari pagi jam 8 hingga malam. Seporsi soto padang tanpa nasi Rp17.000, jika pakai nasi harganya Rp20.000. Kedai ini juga punya jongko kaki lima di depan kampus Unpad, tepatnya di pool bis Damri Dipati Ukur.

Mau coba? Silakan datang ke sana.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here