Situs Oman Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

54
Oasis Al-Ahsa bergabung dengan Madain Saleh Arab Saudi, terlihat di sini pada 31 Maret 2018, di daftar Warisan Dunia (Foto: UNESCO / AFP)

Kairo, Muslim Obsession –  UNESCO menambahkan Oasis Al-Ahsa Arab Saudi dan kota Qalhat kuno Oman ke Daftar Warisan Dunia. Demikian pernyataan Badan Budaya Dunia, sebagaimana dilansir Egypt Today, Senin (2/7/2018).

Pihak berwenang di Riyadh dan Muscat, telah menempatkan pariwisata tinggi pada agenda ekonomi mereka sebagai negara-negara Teluk. Apalagi jika dilihat dari hasil verifikasi ekonomi mereka yang bergantung pada minyak.

Oasis Al-Ahsa yang subur di Arab Saudi dihiasi dengan situs arkeologi yang belum digali. Serta membawa jejak pendudukan manusia yang berasal dari zaman Neolitik. Saat ini, Al-Ahsa adalah pusat komersial untuk wilayah Hajar Bahrain.

“Bukti-bukti arkeologis menunjukkan bahwa adanya penukaran produk dari Arabia selatan dan Persia serta di seluruh Semenanjung Arab,” kata Badan Budaya Dunia.

Dorongan pariwisata Riyadh, yang didukung oleh putra mahkota muda reformis muda Mohammed bin Salman, tidak luput untuk menyoroti warisan pra-Islam di kerajaan Muslim konservatif.

Di mana Qalhat Oman juga tanggal kembali ke masa pra-Islam. Perlu diketahui, kota pelabuhan di pantai Samudra Hindia Oman, pernah menjadi pusat utama perdagangan barang termasuk kuda Arab ke porselen Cina. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here