Sarkofagus Antik Seberat 30 Ton Ditemukan di Aleksandria

61
Sarkopagus Antik ditemukan di Aleksandria Mesir (Foto: Egypt Today)

Kairo, Muslim Obsession – Sarkofagus seberat 30 ton ditemukan di bawah sebuah bangunan di Aleksandria, Mesir, oleh pasukan keamanan pada Ahad (1/7/2018). Demikian diumumkan Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Antiquities.

Sarkofagus adalah suatu tempat untuk menyimpan jenazah. Sarkofagus umumnya dibuat dari batu. Namun, sarkofagus dengan berat puluhan ton ini terbuat dari granit hitam. Dengan panjang sekitar 265 meter dan memiliki tinggi 185 cm.

Dilansir Egypt Today, Senin (2/7/2018) pasukan keamanan berkoordinasi dengan Departemen Teknik Angkatan Bersenjata, serta polisi Pariwisata untuk mengambil sarkopagus tersebut.

Ayman Ashmawy, Kepala Sektor Kuno Antiquities Mesir mengatakan bahwa makam itu ditemukan di kedalaman 5 m di bawah permukaan tanah. Perlu dicatat, bahwa ada lapisan mortar di antara tutup dan tubuh sarkopagus, yang menunjukkan bahwa penemuan itu belum dibuka sejak ditutup pada zaman kuno.

Perlu diketahui, Alexandria memang dipenuhi dengan barang antik Mesir kuno, yang membuat warga secara ilegal menggali untuk mencari monumen-monumen ini di bawah bangunan mereka.

Pada 2015, pasukan keamanan menangkap tiga bersaudara dengan 35 artefak yang mereka miliki. Ketiganya itu bahkan sampai menggali di bawah rumah mereka untuk mencari lebih banyak artefak. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here