Masjid Era Mughal di Pakistan Tampak Menyedihkan

71
Masjid Saleh Kamboh (Foto: Daily News)

Pakistan, Muslim Obsession Masjid Saleh Kamboh yang terletak di dalam Gerbang Mochi di Walled City Lahore dalam keadaan menyedihkan tanpa ada yang memiliki tanggung jawab untuk mengurusnya. Masjid tersebut membutuhkan perbaikan dan pemeliharaan secepatnya.

Kota Walled Lahore, juga dikenal sebagai Kota Tua, membentuk inti historis Lahore, Pakistan. Kota ini berada di bagian barat Walled City, yang dibentengi oleh dinding lumpur selama era abad pertengahan.

Sumber menginformasikan bahwa masjid tersebut berada dalam daftar monumen-monumen yang terlindungi oleh Departemen Arkeologi Punjab. Tetapi pihak berwenang tidak memperhatikannya. Bahkan setelah pembentukan Kota Walled Otoritas Lahore (WCLA) masjid itu masih tetap terabaikan.

Sedangkan badan lokal Anjuman-e-Tajran Mochi Gate saat ini mengurus masjid sendiri dan tidak ada dana yang disediakan oleh pemerintah untuk pemeliharaannya. Tetapi sejauh ini, belum ada yang mengambil pelestarian masjid dalam arti sebenarnya untuk menghidupkan kembali nilai historisnya.

Sumber-sumber lebih lanjut menambahkan bahwa nilai historis masjid tidak dikomunikasikan kepada warga. Bahkan, penduduk setempat menganggapnya sebagai masjid biasa dan digunakan sebagai tempat wisata.

Lebih lanjut, mereka juga menyesalkan kondisi buruk masjid. Apalagi, kabel dan transformator yang menggantung di sekitar masjid menjadi ancaman berbahaya bagi orang-orang selama musim hujan. Sisa-sisa lukisan fresco yang berada di masjid juga rusak parah.

Tidak hanya itu, bagian dalam masjid rusak oleh poster, kipas, kabel listrik dan saklar yang telah mengakibatkan kerusakan pada kain bersejarah dan hiasan struktur terutama di ruang shalat.

Tentang sejarah dan pentingnya masjid, WCLA Media & Marketing Wakil Direktur Tania Qureshi mengatakan, “Saya harus mengutip Kanhaiya Lal Nansa, penulis Sejarah Lahore yang menulis bahwa masjid indah ini adalah sebuah mahakarya yang terletak di dalam Gerbang Mochi.”

“Siapa pun yang memasuki kota melalui Gerbang Mochi, akan menemukan bangunan megah dan berwarna-warni ini tepat di depan mereka. Masjid kecil ini dulunya sangat komprehensif dan tidak kalah indah dari Masjid Wazir Khan,” sambungnya, dilansir Daily News, Kamis (19/7/2018).

Konon, Muhammad Saleh Kamboh adalah seorang pencerita terkenal selama pemerintahan Shah Jahan, juga seorang guru Kaisar Mughal Aurangzeb. Dia ditunjuk sebagai gubernur Punjab, karena kebijaksanaannya yang tegas selama pemerintahan Shah Jahan.

Muhammad Saleh Kamboh juga laksamana Mughal dan terbunuh ketika bertempur bersama pasukannya melawan Ahoms di Pandu di perbatasan Bengal-Assam. Dia adalah orang yang membangun masjid tersebut dan diselesaikan pada masa pemerintahan Aurangzeb.

Tetapi fitur Shahajahani yang unik dari lengkungan yang berlipat ganda, sekumpulan stalaktit, bunga arabesque yang lembut dieksekusi dan interlace di kashi dan fresco terlihat cantik menghiasi masjid.

Struktur masjid Saleh Kamboh membuktikan bahwa bangunan itu dibangun di bawah pengawasan sejarawan dan arsitek pengadilan Shah Jahan. Meskipun, masjid ini berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan masjid era Mughal lainnya. (Vina)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here