Ketum MUI: Koperasi Cocok Jadi Wadah Pemberdayaan Ekonomi Umat

38
KH. Ma'ruf Amin
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma'ruf Amin.

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma’ruf Amin menilai koperasi sangat cocok menjadi wadah pemberdayaan ekonomi umat, serta berperan sebagai pemutus mata rantai kesenjangan di kalangan masyarakat.

Oleh karenanya, Rais Am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini mendorong agar koperasi terbentuk lebih banyak lagi di berbagai daerah di Tanah Air.

“Koperasi merupakan wadah kelembagaan yang cocok untuk pemberdayaan, maka saya menyarankan agar dibentuklah koperasi ini untuk menindaklanjuti dalam rangka menghilangkan kesenjangan, pemberdayaan ekonomi umat,“ kata Ma’ruf melalui siaran pers, Senin malam (2/7/2018).

Oleh karena itu, menurut Ma’ruf menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk menata koperasi secara baik agar menjadi sokoguru perekonomian nasional. Dengan begitu, ia yakin ekonomi Indonesia tidak akan mudah tergoyahkan oleh pengaruh ekonomi global.

“Dengan penguatan ekonomi umat, koperasi sebagai lembaga yang mengantisipasi dan mendorong pengembangan itu, saya kira sudah tepat karena dari awal kita memposisikan koperasi sebagai sokoguru ekonomi nasional,” ujar Ma’ruf.

Ma’ruf sendiri belum lama ini telah membentuk koperasi yang diberi nama Koperasi Mitra Santri Nasional. Ia memfokuskan 4 bidang usaha untuk koperasinya, yakni keuangan, pemasaran, jasa, serta bidudaya pertanian, perkebunan, dan perikanan. (Has)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here