Islam Melesat di Rusia, 10 Mesjid Megah Ini Buktinya

106
The Heart of Chechnya Mosque, salah satu masjid terindah di Rusia. (Foto: Russia Beyond)

Muslim Obsession – Populasi umat Islam di Rusia terus menanjak dari tahun ke tahun. Kini dengan jumlah 25 juta pemeluknya dari 143 juta penduduk Rusia, Islam menjadi agama terbesar kedua di Negeri Beruang Merah itu setelah Kristen Ortodok.

Setidaknya ada dua faktor penyebab melesatnya Islam di Kawasan Kaukasus tersebut. Dua faktor itu adalah tingkat kelahiran yang tinggi di kalangan keluarga Muslim dan migrasi orang-orang dari Asia Tengah.

Sebagian besar umat Islam di Rusia tinggal di wilayah Moskow dan daerah metropolitan lainnya, seperti St. Petersburg dan Yekaterinburg. Adapun mayoritas Muslim Rusia adalah Sunni dari madzhab Hanafi dan sebagian kecil madzhab Syafii. Meski ada juga sedikit muslim Syiah Azeris dan Tajik dari Pamir.

Berkembangnya populasi Muslim Rusia juga dicirikan dengan terdapatnya masjid-masjid sebagai simbol syiar yang sangat penting dalam kehidupan umat serta pusat peribadatan yang merupakan jantung hati dan nadi kehidupan umat.

Berikut ini sepuluh masjid terbaik yang ada di Russia.

The Nurda Kamal Mosque
The Nurda Kamal Mosque

The Nurda Kamal Mosque. Masjid ini terletak di Norilsk, sebuah kota industri di Siberia utara. Dibuka pada tahun 1998, bangunan ini terdaftar di Guinness Book of World Records sebagai masjid paling utara di dunia.

Moscow Cathedral Mosque
The Central Moscow Mosque (Moscow Cathedral Mosque).

The Central Moscow Mosque (Moscow Cathedral Mosque) dibangun kembali dan sekarang menjadi masjid terbesar di Eropa. Masjid enam lantai ini memiliki menara setinggi 79 meter yang merupakan yang tertinggi di Eropa.

The Blue Mosque
The Blue Mosque, St. Petersburg.

The Blue Mosque didirikan pada 1910 di Petrogradsky Island, pulau terbesar ketiga di delta Sungai Neva di Saint Petersburg. Kubah masjid hampir sama persis dengan mausoleum Tamerlane di Samarkand, Uzbekistan.

1
2
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here