Islam Bertambah Mekar di Belgia

71
Belgia (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Umat Muslim di Belgia semakin berkembang pesat. Bahkan, diketahui total umat Muslim saat ini mencapai seperempat dari populasi negara. Menurut peneliti, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa Islam tidak lama lagi akan menjadi mayoritas di Belgia pada pertengahan abad.

Namun, ada beberapa hal yang dianggap menjadi tantangan perkembangan Islam di negara tersebut. Di mana ada persaingan antara dua elemen utama di Belgia, yaitu Maroko dan Turki. Tidak jarang, misalnya, orang-orang Maroko lebih memilih menikahi orang-orang Belgia yang berlatar belakang Kristen. Sebaliknya, sangat jarang bagi orang Maroko yang mau menikahi orang-orang Turki.

Dilansir Economist, Senin (16/7/2018) perkembangan Islam dapat dilihat dari segi pendidikan. Yaitu ajaran agama yang dipilih oleh murid di sekolah dasar negeri di Brussel, yang pilihannya mungkin mencerminkan afiliasi orangtua mereka. Selama tujuh tahun terakhir, murid yang memilih ajaran Katolik, menurun dari 23% menjadi 16%. Sementara proporsi yang mengikuti pelajaran Muslim, meningkat dari 43% menjadi 51%.

Tetapi ada, kenyataan yang jelas bahwa agama Katolik sedang dalam kemerosotan jangka panjang. Otoritas Katolik mengatakan bahwa sekitar 20 gereja besar di Brussel atau sekitar seperlima dari jumlah totalnya adalah mubazir atau tidak dimanfaatkan.

Islam sudah tumbuh di Belgia pada tahun 1829, setahun sebelum kemerdekaan negara itu pada tahun 1830. Sebuah laporan oleh konsul Turki di Antwerp memperkirakan ada sekitar 6.000 Muslim di Belgia pada saat itu.

Peta Belgia

Pada tahun 1964, perjanjian imigrasi buruh bilateral ditandatangani antara Belgia, Turki, dan negara-negara di Maghreb. Lebih dari 10.000 pekerja dari negara-negara ini pindah ke Belgia dan sebagian besar bekerja di pekerjaan berketerampilan rendah. Seperti pertambangan batu bara, pembuatan baja, dan industri otomotif.

Namun, praktik ini dihentikan pada tahun 1974, ketika semua pekerjaan manual asing dilarang masuk ke negara itu. Tetapi, tepat di tahun yang sama, Islam secara resmi diakui sebagai agama di Belgia.

Menurut jajak pendapat 2006, 61% penduduk Belgia menduga ketegangan antara Muslim dan komunitas lain akan meningkat di masa depan. Terbukti, pada tahun 2011, otoritas Belgia melembagakan larangan mengenakan pakaian yang menutupi wajah di depan umum, yang berarti pemakaian Niqāb dan burqa dianggap tidak sesuai dengan masyarakat Belgia.

Demografi Pemerintah Belgia sendiri tidak mengumpulkan atau mempublikasikan statistik tentang afiliasi keagamaan, jadi tidak diketahui jumlah pasti umat Muslim di Belgia.

Pada tahun 2014, berbagai sumber memperkirakan Muslim di Belgia tumbuh menjadi 4,0% hingga 6,5% dari populasi negara. Centre de Relations Européennes memperkirakan ada 6.000 hingga 30.000 orang yang masuk Islam di Belgia, pada tahun 2000.

Hampir 40% Muslim Belgia tinggal di ibu kota, Brussels. Sekitar 39% tinggal di Flanders dan 21% tinggal di Wallonia. Sensus agama dan etnis ternyata dilarang di Belgia, jadi tidak ada angka akurat tentang jumlah populasi Muslim di Belgia saat ini. (Vina)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here