Ini Manfaat Minum Kopi, Nomor 4 Bikin Kamu Terkejut!

124
Kopi (Foto: Healthline)

Muslim Obsession – Mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas, hampir semuanya menyukai minuman kopi. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa kopi tidak baik untuk kesehatan. Tapi tahukah Anda? sebenarnya kopi memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Penelitian menunjukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi kopi setiap harinya akan lebih sulit diserang beberapa jenis penyakit serius dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.

Berikut ini kami rangkum berbagai manfaat kopi untuk kesehatan:

1. Dapat membantu penyembuhan luka dan menurunkan berat badan

Menurut salah satu Ahli bedah dari RS Hasan Sadikin, Bandung Dr. Hendro Sudjono Yuwono MD, Ph.D, beliau mengatakan bahwa kopi ternyata sangat efektif dan aman untuk mengatasi berbagai jenis luka.

“Mulai dari luka besut lantaran terjatuh, luka tergores benda tajam, luka bakar, sampai luka “koreng” yang sudah terinfeksi. Hebatnya lagi, semua usia dapat menggunakannya, termasuk anak-anak.”

Tidak hanya itu, kopi juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Konon, kafein yang terkandung dalam kopi, dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membantu tubuh dalam membakar kalori.

2. Menghilangkan rasa kantuk dan meningkatkan nafsu makan

Kopi yang mengandung kafein ini ternyata dapat meningkatkan kewaspadaan dan menangkal rasa kantuk. Sehingga Anda dapat beraktivitas dalam jangka waktu yang lebih lama dan mengeluarkan energi yang lebih banyak. Tidak hanya itu, kafein yang dikonsumsi dalam kopi juga dapat menekan nafsu makan.

3. Kopi dapat mengobati depresi dan membuat suasana hati lebih ceria

Depresi merupakan salah satu jenis kelainan mental yang mengurangi kualitas hidup secara signifikan.

Dalam suatu penelitian oleh Harvard yang dipublikasi tahun 2011, wanita yang meminum 4 gelas kopi atau lebih dalam sehari mempunyai peluang 20% lebih rendah untuk terkena depresi.

Penelitian lain dengan peserta sebanyak 208.424, juga menunjukkan bahwa orang yang meminum 4 gelas kopi atau lebih dalam sehari, mempunyai peluang bunuh diri lebih rendah, yaitu 53% lebih rendah.

4. Kopi dipercaya bisa memperpanjang usia

Melihat bahwa para pengkonsumsi kopi mempunyai peluang lebih kecil untuk terkena banyak jenis penyakit, sangat masuk akal apabila kopi dapat membuat Anda berumur panjang.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa pengkonsumsi kopi mempunyai risiko kematian yang lebih rendah.

Dalam dua penelitian yang sangat besar, aktivitas minum kopi dihubungkan dengan penurunan risiko kematian pria sebesar 20% dan penurunan risiko kematian wanita sebesar 26%, dalam periode 18–24 tahun.

Meski demikian, mungkin saja kopi tidak menguntungkan bagi semua orang. Mereka dengan kondisi hati tertentu, kepekaan terhadap kafein, dan ibu hamil harus menghindari kopi yang berkafein yaitu dengan hanya mengkonsumsi kopi decaf atau teh.

Selain itu, mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat menghilangkan beberapa manfaat di atas karena besarnya jumlah kafein yang dikonsumsi.

Kuncinya adalah konsumsilah kopi dengan tidak berlebihan, umumnya 2–3 gelas sehari untuk mendapatkan manfaat-manfaat kopi. Serta menghindari permasalahan-permasalahan kesehatan yang dapat ditimbulkan karena kelebihan kafein. (Imas)

 

Baca Juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here