Halal Quest Mudahkan Muslim Indonesia Temukan Resto Halal

97
Halal Quest
Aplikasi Halal Quest membantu umat Islam temukan restoran halal di tanah air.

Jakarta, Muslim Obsession – Umat Islam di tanah air dapat semakin mudah menemukan restoran bersertifikat halal. Kabar baik ini muncul setelah PT Jelajah Halal Indonesia meluncurkan sebuah aplikasi Halal Quest untuk memudahkan masyarakat Muslim menemukan restoran halal, Ahad (15/7/2018).

CEO Halal Quest M. Budi Negoro beralasan, meski mayoritas penduduk Indonesia merupakan Muslim, tapi tidak cukup banyak restoran bersertifikat halal. Untuk itu Halal Quest penting hadir di tengah masyarakat.

“Pemerintah sendiri sebenarnya mengharuskan semua produk dan restoran memiliki sertifikat halal pada 2019, namun dikhawatirkan akan ada kemacetan karena proses sertitikasi yang panjang, kita harapkan Halal Quest mempermudah masyarakat mendapatkan restoran halal,” ujar Budi Negoro.

Budi menambahkan, Halal Quest hadir dengan slogan Care to Share sebagai platform berbagi pengalaman dan informasi terkait resto atau warung yang menyediakan makanan halal.

Realita di lapangan, menurut Budi, banyak pengusaha kuliner yang memasang label halal buatan sendiri tanpa melalui proses sertifikasi dari MUI. Selain itu, banyak juga pengusaha kuliner atau pun juru masak yang tidak menyadari telah menggunakan komponen lain yang juga masuk dalam kategori haram selain daging babi seperti Angciu atau Mirin. Bahkan, proses penyembelihan pun tidak bisa dipastikan apakah sudah sesuai dengan syariah Islam.

Melalui aplikasi ini, imbuhnya, pengguna bisa memberikan ulasan mengenai sebuah restoran. Untuk memastikan halal atau tidaknya makanan yang disediakan disatu restoran, pengguna akan diarahkan untuk menanyakan beberapa pertanyaan sederhana kepada pengelola restoran. Mulai dari kepemilikan sertifikat halal, bahan-bahan masakan yang digunakan hingga proses pengolahan.

Dari wawancara singkat itu, pengguna bisa memilih salah satu dari tiga pilihan kategori pada aplikasi yaitu apakah resto itu memiliki sertifikat halal, halal dengan konfirmasi staf atau tidak halal. Dari aplikasi, pengguna juga akan mendapatkan artikel tentang seluk beluk bahan tidak halal yang biasa digunakan untuk memasak.

“Halal Quest mencoba mengedukasi masyarakat apa saja yang boleh dan apa saja yang tidak boleh,” kata CTO Halal Quest Nugroho Muthqus.

Selain mendapatkan informasi tentang kehalalan makanan, Halal Quest juga dilengkapi berbagai fitur lainnya yang memudahkan pengguna dalam beribadah seperti pencarian masjid terdekat hingga menyediakan informasi jadwal kajian. Halal Quest juga bekerjasama dengan perusahaan travel wisata dan umrah untuk membantu pengguna menemukan wisata halal baik di dalam maupun luar negeri.

Halal Quest yang baru dikembangkan dalam setahun terakhir ini rencananya juga akan mengembangkan fitur lain dengan menghadirkan payment gateway berbasis syariah. Terhitung hari ini, Halal Quest telah bisa diunduh melalui app store dan juga play store. Hingga akhir tahun, Halal Quest ditargetkan diunduh oleh 10 ribu pengunduh. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here