Gelar AKSI SHIYAM, OJK Kembalikan Fungsi Masjid Sebagai Pusat Aktivitas Umat

37
Masjid Selat Malaka (Foto: flickr.com)

Surabaya, Muslim Obsession – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jawa Timur menggelar AKSI SHIYAM. Salah satu rangkaian dalam acara tersebut adalah Akses Keuangan Syariah Untuk Masyarakat Mandiri Berbasis Masjid (AKSI UMMAD) yang berjalan cukup efektif.

AKSI UMMAD ini dibuat atas dasar kebutuhan akan akses keuangan yang dapat menyentuh masyarakat kecil terutama pengusaha ultra mikro dan didorong oleh semangat untuk mengembalikan fungsi masjid sebagai pusat aktivitas umat.

Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur, Heru Cahyono, mengatakan, pemberdayaan ini dimaksudkan untuk meningkatkan fungsi dan peran masjid sebagai pusat dakwah dan pengembangan kemandirian ekonomi umat.

“Pemberdayaan ini juga untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan peserta program, meningkatkan kelas dari mustahiq (penerima zakat) menjadi muzakki (pemberi zakat),” ujarnya di Hotel JW Marriot, Surabaya, Senin (2/7/2018).

Dalam peluncuran program tersebut, OJK menggandeng lima masjid sebagai percontohan untuk pemberdayaan. “Masjid percontohan antara lain Masjid Al Falah, Masjid Jenderal Sudirman, Masjid Aqaba, Masjid Muhajirin, dan Masjid Roudlotul Ilmi,” tukasnya.

OJK Kantor Regional 4 Jawa Timur sendiri melibatkan peran aktif berbagai pegiat keuangan syariah dalam melaksanakan program AKSI UMMAD. Pegiat tersebut terdiri dari MUI Provinsi Jawa Timur, BAZNAS Provinsi Jawa Timur, Forum Zakat Jawa Timur, Badan Wakaf Indonesia Provinsi Jawa Timur, Dewan Masjid Indonesia Provinsi Jawa Timur.

Selain itu ada juga Ikatan Saudagar Muslim Indonesia Provinsi Jawa Timur, Majelis Sarjana Ekonomi Islam, Forum Dai Ekonomi Islam, ASBISINDO DPW Jawa Timur, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Universitas Muhammadiyah Surabaya, dan Universitas Internasional Semen Indonesia. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here