Fenomena Ustadz Abdul Somad

98
Ustadz Abdul Somad
Ustadz Abdul Somad

Imam Shamsi AliOleh:Imam Shamsi Ali (Presiden Nusantara Foundation)

Ustadz Abdul Somad sedang mendapat giliran. Mungkin itu istilah yang saya ingin pakai. Bahwa di negara kita dari dulu silih berganti dai dan ustaz yang populernya selangit. Tentu melalui wadah dan media yang berbeda.

Pernah ada Hamka dengan keahlian agama dan ketegasannya dalam menegakkan hukum Allah. Pernah ada KH Kosim Nurseha dengan kedekatannya dengan keluarga Soeharto dan ceramah-ceramah radio Kayu Manisnya yang terkenal.

Tapi yang popular dengan massa besarnya, tumbuhlah dai-dai dan ustaz di belakang hari. Ada KH Zainuddin MZ yang dikenal sebagai dai sejuta umat. KH Abdullah Gymnastiar atau yang lebih popular dengan nama Aa Gym yang memiliki magnet karena bahasanya yang selalu santun. Demikian juga dengan Arifin Ilham dengan senjata zikirnya yang digandrungi masyarakat.

Tiba-tiba sejak setahun lebih ini, bersamaan dengan booming-nya media sosial, muncullah seorang ustaz yang daya magnetnya beyond rational judgement (di luar batas pemikiran rasional). Artinya ketertarikan masyarakat kepada ceramah-ceramah beliau itu terkadang membuat sebagian ternganga. Di mana-mana, di kota maupun di kampung-kampung terpencil beliau ibarat gula bagi semut-semut yang kelaparan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here