Dokter Spesialis Anestesi Ini Terinspirasi Kedermawanan Habib Bugak

55
Dokter spesialis anestesi RSU Zainal Abidin, dr. Kulsum, Sp.An. (Foto: Kemenag)

Makkah, Muslim Obsession –  Nama lengkapnya dr. Kulsum binti Syarifuddin M.Ked (An), Sp.An. Dokter spesialis anestesi RS Umum Zainal Abidin Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) ini menjadi salah satu dari 393 jemaah kloter BTJ-01 yang mendapat dana Wakaf Baitul Asyi di Wafaa Al Ehsan Hotel, Misfalah kota Makkah, Senin (6/8/2018).

“Saya sangat bahagia, senang dan terharu. Ini menjadi contoh bagi saya pribadi untuk senantiasa beribadah kepada Allah,” ujarnya saat ditemui di sela-sela penyerahan dana Wakaf Baitul Asyi seperti dikutip Muslim Obsession dari siaran pers Kementerian Agama, Selasa, (7/8/2018).

Kulsum mengungkapkan, kisah Habib Bugak berikut dengan dana wakafnya yang mengalir hingga dua abad merupakan inspirasi tersendiri.

“Sungguh ini menjadi inspirasi bagi kami. Saya ingin meniru Habib Bugak dengan kemampuan yang kami miliki,” ungkap ibu dua anak ini.

Karenanya kini ia telah memiliki 17 anak asuh yang sebagian besar anak-anak Aceh.

Hal ini dilakukannya sebagai wujud terima kasih kepada masyarakat Aceh yang telah menerimanya.

“Saya sendiri asli Bandung, namun telah menetap di Aceh,” tutur lulusan kedokteran Universitas Sumatera Utara ini.

Ia akan mewakafkan kembali uang wakaf 1.200 SR untuk masyarakat Aceh.

Sejak tahun 2008 jemaah Aceh mendapat kucuran dana wakaf Habib Bugak Asyi yang kini dikenal sebagai Wakaf Baitul Asyi (Wakaf Rumah Aceh). Bermula harta yang diwakafkan seorang hartawan dan dermawan asal Aceh, Habib Abdurrahman (Habib Bugak Asyi) pada awal 1800-an.

Salinan akta ikrar wakaf tersebut pernah diserahkan nazir kepada Gubernur Aceh (waktu itu) Abdullah Puteh ketika naik haji ke Makkah pada 2002 dan ketika mereka berkunjung ke Aceh pada 2006. (arh)

 

Baca Juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here