Doa Agar Mendapatkan Keturunan yang Baik

198
Doa Agar Mendapatkan Keturunan yang Baik

Muslim Obsession – Ada beberapa kisah Nabi di dalam Al-Quran yang berdoa kepada Allah untuk mendapatkan keturunan yang baik. Salah satunya ialah doa Nabi Zakaria yang berdoa agar diberi anak yang baik.

Doa beliau tertulis di Al-Quran, “Rabbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan, innaka samii’ud du’aa.” Yang artinya: “Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa,” (QS. Ali Imran [3]: 38).

Ada pula doa Nabi Ibrahim saat meminta keturunan yang shalih. Berikut doa Nabi Ibrahim yang direkam dalam ayat Al-Quran. “Rabbi hablii minash shoolihiin.” Artinya: “Ya Rabbku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang shalih,” (QS. Ash-Shaffaat [37]: 100).

Tertera pula di dalam Surat Al-Furqan sebuah doa yang masyhur yakni, Rabbanaa hablanaa min azwajinaa wa dzurriyatinaa qurrota a’yun waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa.”

Artinya adalah “Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa,” (QS. Al-Furqan [25]: 74).

Doa tersebut ditafsirkan oleh Ibnu Katsir sebagai berikut, “Ya Rabb, anugerahkanlah padaku dari sisi-Mu keturunan yang thayyib yaitu anak yang shalih. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa,” (Tafsir Al-Quran Al ‘Azhim, 3/54).

Tidak hanya doa-doa tersebut di atas. Ada juga doa yang disampaikan Nabi Muhammad Saw. agar memperbanyak harta dan anak serta berkah untuk keduanya.

Nabi Saw. pernah mendoakan anak Ummu Sulaim, yaitu Anas bin Malik dengan doa, “Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang engkau karuniakan padanya,” (HR. Bukhari no. 6334 dan Muslim no. 2480).

Hendaknya doa tersebut dibaca pada waktu-waktu yang mustajab agar dikabulkan oleh Allah Swt. Misalnya pada waktu selepas shalat fardlu, selepas shalat malam, antara adzan dan iqamah, saat berbuka puasa, pada hari Jumat dan waktu-waktu mustajab lainnya.

Wallahu ‘Alam bish Shawab. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here