Berusia 340 Tahun, Masjid Mia Mishk Tampak Lemah

80
Masjid Mia Mishk di Charminar Hyderabad India (Foto: The Hans India)

Charminar, Muslim Obsession – Masjid Mia Mishk di Charminar Hyderabad India, kini dalam kondisi yang amat kritis dan memprihatinkan. Di usianya yang menginjak 340 tahun, gerbang pintu Masjid Mia Mishk bahkan sudah cacat dan nyaris hancur.

Masjid sekaligus monumen bersejarah ini dibangun pada tahun 1676 hingga 1678 oleh Mia Mishk, seorang pelayan Abul Hassan Tana Shah, penguasa terakhir dinasti Qutub Shahi.

Bangunan luar Masjid Mia Mishk menyerupai charminar atau empat menara. Yakni salah satu monumen paling penting di kota Hyderabad, ibu kota negara bagian Andhra Pradesh, India.

Meski dalam kondisi yang rapuh, masjid ini masih banyak dikunjungi wisatawan atau para pelajar. Biasanya, mereka akan menginap di hostel. Yaitu kamar-kamar atau tempat peristirahatan yang dibangun bersamaan dengan masjid tersebut pada masa itu. Area hostel juga dalam kondisi bobrok dan perlu dipulihkan.

Struktur Masjid Mia Mishk terdaftar sebagai monumen arkeologi negara. Karena usianya nyaris sebaya dengan usia Charminar.

Dikutip dari The Hans India, Kamis (7/6/2018) hampir seluruh ruangan masjid butuh pemulihan. Termasuk di antaranya air mancur di dalam masjid yang tak lagi berfungsi. Pemeliharaan dan kebersihan Masjid juga terabaikan. Sampai saat ini, rencana restorasi masjid tertunda sampai dana perbaikan tercukupi. (Vina)

 

Baca Juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here